UPAYA MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI DAN KONSENTRASI PADA KONDISI SISWA DALAM MENGHADAPI UJIAN NASIONAL

Bahasa Indonesia: Serambi yang terdapat pada M...

A. Pendahuluan
Di sekolah siswa seharusnya sudah terbiasa dengan penilaian hasil belajar yang dilakukan oleh pendidik (guru) dan sekolah. Hal ini karena diamanatkan oleh Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan Pasal 63 ayat (1) Penilaian pendidikan pada jenjang pendidikan dasar dan menengah terdiri atas: a. Penilaian hasil belajar oleh pendidik; b. Penilaian hasil belajar oleh satuan pendidikan;dan c. Penilaian hasil belajar oleh pemerintah.
Penilaian hasil belajar oleh pendidik dilakukan secara berkesinambungan untuk memantau proses, kemajuan, dan perbaikan hasil dalam bentuk ulangan harian, ulangan tengah semester,ulangan akhir semester, dan ulangan kenaikan kelas. Penilaian hasil belajar oleh pendidik digunakan untuk menilai pencapaian kompetensi peserta didik; bahan penyusunan laporan hasil belajar; dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian hasil belajar oleh satuan pendidikan bertujuan menilai pencapaian standar kompetensi lulusan untuk semua mata pelajaran. Penilaian hasil belajar untuk semua mata pelajaran pada kelompok mata pelajaran agama dan akhlak mulia, kelompok mata pelajaran kewarganegaraan dan kepribadian, kelompok mata pelajaran estetika, dan kelompok mata pelajaran jasmani,olahraga,dan kesehatan merupakan penilaian akhir untuk menentukan kelulusan peserta didik dari satuan pendidikan. Penilaian hasil belajar oleh pemerintah dalam bentuk Ujian Nasional bertujuan untuk menilai pencapaian kompetensi lulusan secara nasional pada mata pelajaran tertentu dalam kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi.Ujian nasional dilakukan secara obyektif, berkeadilan,dan akuntabel. Ujian Nasional merupakan salah satu persyaratan kelulusan dari satuan pendidikan seperti diamanatkan peraturan pemerintah republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 tentang standar nasional pendidikan Pasal 72 ayat (1).

1. Latar Belakang

Akhir-akhir ini pelajar Indonesia sedang mempersiapkan diri untuk menghadapi Ujian Akhir Nasional (UAN) pada bulan April mendatang. Semakin banyak kriteria yang menentukan kelulusan ujian bagi para pelajar khususnya tingkat SLTA. Berbagai macam tanggapan dikemukakan oleh para pelajar dan masyarakat tentang adanya kriteria kelulusan UAN yang semakin rumit. Sisi pro dan kontra pun kian semarak dibicarakan. Disinilah kami akan menyajikan pembahasan tentang kriteria kelulusan Ujian Akhir Nasional.

2. Masalah
Apa saja yang menjadi kriteria kelulusan ujian akhir nasional?
1. Bagaimana sistem pelaksanaan Ujian Nasional tahun 2011?
2. Apa pendapat Mentri Pendidikan tentang sistematika Ujian Nasional tahun 2011?
3. Apakah nilai rapot dapat menentukan kelulusan ujian?

3. Tujuan
Meningkatkan Rasa Percaya Diri
Kepercayaan diri pribadi adalah suatu yang ingin dimiliki lebih banyak oleh sebagian besar orang, tetapi itu hanyalah masalah membangkitkannya. Bagaimana kita bisa lebih percaya diri? Psikolog dan ahli terapi setuju bila saja pil kepercayaan diri ditemukan, dunia akan menjadi tempat yang jauh lebih menyenangkan dan mereka segera akan kehilangan pekerjaan. Namun,pil kepercayaan diri masih belum diproduksi. Lalu kemana kita harus berpaling menopang kepercayaan diri kita? Pada dasarnya,kita harus berpaling ke dalam diri kita untuk menopang dan mengembangkan bidang dasar yang memerlukan perhatian. Pada dasarnya, kepercayaan diri adalah kombinasi pikiran dan perasaan yang berarti, saya senang kepada diri sendiri dan berpikir bahwa saya orang yang berguna. Di sekolah, siswa yang percaya diri umumnya merasa positif dan kompeten serta menggunakan dua kualitas ini untuk melakukan kegiatan belajar dengan baik, pada waktunya dan barangkali dengan bersemangat. Menjadi percaya diri mungkin kelihatannya sulit sekali, terutama untuk orang yang pesimistis, tetapi sikap yang dipegang mengenai diri sendiri bisa diperbaiki.
Kunci sukses menghadapi ujian nasional adalah membangun rasa percaya diiri akan keberhasilan dengan cara menghilangkan rasa cemas. Rasa cemas merupakan musuh nomor satu dalam menghadapi ujian nasional yang harus segera dihilangkan. Kunci sukses menghadapi ujian nasional adalah memerangi rasa takut dengan keyakinan dan menghadapi kenyataan. Kita akan menjadi percaya diri, penuh rasa kemenangan, dan keberhasilan. Oleh sebab itu janganlah kuatir tentang apa yang akan dihadapi dalam ujian nasional, tetapi nyatakanlah dalam segala hal keinginannya kepada Allah dalam doa dan permohonan agar sukses dalam menghadapi ujian nasional dan dengan ucapan syukur. Siswa di dalam belajar harus meningkatkan rasa percaya diri akan keberhasilan,yang ditunjukkan dengan sikap dan perilaku sebagai berikut.
1. Mengetahui apa yang anda hasilkan dari belajar
2. Memahami apa yang anda lakukan untuk dapat sukses dalam Ujian Nasional
3. Memahami kegiatan anda dalam belajar untuk mencapai sukses belajar.
4. Menghindari semua perbuatan yang berlebihan sehingga mengabaikan kegiatan belajar.
5. Memahami semua seni perilaku belajar yang wajar dengan ketat dan penuh kesadaran.
6. Membuktikan kemampuan anda dengan fakta yang dapat menjelaskan berbagai sudut pandang yang berbeda melalui berbagai jenis ujian.
7. Berpartisipasi aktif dalam menyelesaikan tugas belajar.
8. Merencanakan tujuan dan memelihara komitmen dalam pencapaian tujuan belajar.
9. Rasa percaya diri akan keberhasilan membantu menciptakan perasaan tenang dan menghilangkan kecemasan dan ketakutan.
10. Keyakinan akan kemampuan diri sendiri menghilangkan kecemasan dan ketakutan.
11. Rasa percaya diri akan keberhasilan menjadi kunci sukses dalam menghadapi UN.
12. Rasa percaya diri akan tercapai, jika mampu menguasai keraguan yang merayapi dirinya akan keberhasilan dalam menghadapi ujian nasional. Keraguan merupakan pengganggu yang membuat kita kehilangan kesempatan memperoleh hal-hal yang baik karena kita ragu-ragu mencoba untuk meraihnya.
Mensugesti diri dengan menyatakan optimistik akan keberhasilan keinginan dan maksudnya dengan nada yang meyakinkan tanpa menunjukkan keraguan dalam menghadapi Ujian Nasional. Misalnya : Saya pasti lulus! Saya pasti berhasil ! Saya pasti nilainya tinggi!

Meningkatkan Konsentrasi Belajar
Membina kekuatan konsentrasi hamper sama dengan mengembangkan dan menguatkan otot tubuh. Namun, siswa akan mampu meningkatkan konsentrasi tanpa mengeluarkan keringat. Ini lebih merupakan masalah latihan yang dingin, tenang dan sungguh-sungguh. Proses dasar dalam mengembangkan kekuatan konsentrasi adalah dengan melakukan tugas mental yang lebih sulit secara bertahap. Tugas ini harus memerlukan periode konsentrasi yang lebih keras dan lebih lama. Sementara menjalankannya, berilah diri sendiri hadiah untuk peningkatan pada rentang konsentrasi.
Untuk meningkatkan konsentrasi belajar dalam menghadapi Ujian Nasional, siswa dituntut mampu menunjukkan perilaku sebagai berikut.
1. Menyiapkan daftar tugas konsentrasi yang biasa dihadapi dalam kegiatan belajar dan dalam menghadapi Ujian Nasional.
2. Mengikuti rangkaian kegiatan secara perlahan sehingga dapat menyerap setiap langkah secara mental.
3. Mengulangi mengucapkan setiap langkah keras-keras untuk membantu menanamkan informasi tersebut ke dalam ingatan.
4. Mengajukan pertanyaan untuk menjelaskan setiap yang dipelajari atau keraguan.
5. Pada akhir rangkaian kegiatan, mencoba mengulangi seluruh petunjuk.Perbaiki kesalahan.
6. Sewaktu menjalankan petunjuk, ulangi langkah-langkah tersebut sementara anda berjalan untuk lebih menanamkannya di dalam ingatan anda, dan ingatan yang kuat diperlukan.

B. Daftar Isi

Meningkatkan Rasa Percaya Diri
Kepercayaan diri pribadi adalah suatu yang ingin dimiliki lebih banyak oleh sebagian besar orang, tetapi itu hanyalah masalah membangkitkannya. Bagaimana kita bisa lebih percaya diri? Psikolog dan ahli terapi setuju bila saja pil kepercayaan diri ditemukan, dunia akan menjadi tempat yang jauh lebih menyenangkan dan mereka segera akan kehilangan pekerjaan. Namun,pil kepercayaan diri masih belum diproduksi. Lalu kemana kita harus berpaling menopang kepercayaan diri kita? Pada dasarnya,kita harus berpaling ke dalam diri kita untuk menopang dan mengembangkan bidang dasar yang memerlukan perhatian. Pada dasarnya, kepercayaan diri adalah kombinasi pikiran dan perasaan yang berarti, saya senang kepada diri sendiri dan berpikir bahwa saya orang yang berguna. Di sekolah, siswa yang percaya diri umumnya merasa positif dan kompeten serta menggunakan dua kualitas ini untuk melakukan kegiatan belajar dengan baik, pada waktunya dan barangkali dengan bersemangat. Menjadi percaya diri mungkin kelihatannya sulit sekali, terutama untuk orang yang pesimistis, tetapi sikap yang dipegang mengenai diri sendiri bisa diperbaiki.

Meningkatkan Konsentrasi Belajar
Membina kekuatan konsentrasi hamper sama dengan mengembangkan dan menguatkan otot tubuh. Namun, siswa akan mampu meningkatkan konsentrasi tanpa mengeluarkan keringat. Ini lebih merupakan masalah latihan yang dingin, tenang dan sungguh-sungguh. Proses dasar dalam mengembangkan kekuatan konsentrasi adalah dengan melakukan tugas mental yang lebih sulit secara bertahap. Tugas ini harus memerlukan periode konsentrasi yang lebih keras dan lebih lama. Sementara menjalankannya, berilah diri sendiri hadiah untuk peningkatan pada rentang konsentrasi.

Ujian Nasional
Ujian Nasional tersebut adalah usaha yang dilakukan untuk membantu para siswa dalam melalui Ujian Nasional.
Misalnya saja masalah dimasukkannya nilai rapor sebagai salah satu unsur penentu kelulusan Ujian Nasional. Hal tersebut dilakukan agar usaha belajar yang dilakukan para siswa selama bersekolah tidak sia-sia. Rasanya memang tidak adil kalau kelulusan ujian hanya ditentukan oleh beberapa hari saja, sementara usaha belajar para siswa dilakukan bertahun-tahun.
Dengan ditambahkannya nilai rapor sebagai unsur penentu kelulusan ujian, diharapkan bisa menambah semangat belajar para siswa sejak awal, khususnya sejak semester 3, dimana nilai rapor mulai menentukan kelulusan.

Daftar Pustaka

• Last Updated ( Tuesday, 17 January 2012 07:08 )

http://www.google.com/17 Januari 2011

http://muhamadalisaifudin.blogspot.com/2011/01/perubahan-penyelenggaraan-un-tahun-2011.html

http://beritafenomenal.wordpress.com/2011/01/12/syarat-kelulusan-lulus-ujian-nasional-2011un-unas-uan/\

• bloggerbekasi.com/2011/…/kriteria-kelulusan-ujian-nasional-tahun-2011.html

• Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 45 tahun 2010

• Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 46 tahun 2010

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s